Warga

Ingin Jadi Sobat PepNews!? di Sini Tempatnya….

Warga, Headline, Media Online, Pepnews, Citizen Journalism, Media Warga, Blog, Gaya Hidup
PepNews!
PepNews! adalah "Alternative Journalism" yang biasa membidik isu dari sudut paling muskil, tidak populer, dan karenanya tidak dilirik oleh media arus utama.

Sebagai sebuah blog personal, satu hal yang tidak pernah saya sangka-sangka adalah antusiasme pembaca!

Belum sepekan di-online-kan, minat pengunjung mendatangi PepNews! membuka-buka dan membaca isinya cukup tinggi. Terbukti dari Google Analytics yang menunjukkan pengunjung serta jumlah halaman yang dibaca cukup banyak dan dalam beberapa kesempatan pengunjung yang secara bersamaan membuka weblog ini mencapai ratusan. Tentu saja masih sangat kecil, tetapi not bad bagi web yang belum sepekan beroperasi dan diakses publik.

PepNews! boleh dibilang “Alternative Journalism” yang biasa membidik isu dan persoalan dari sudut paling muskil, tidak populer, dan karenanya tidak dilirik oleh media arus utama (mainstream) dengan seluruh konten bergaya Storytelling. PepNews! adalah jurnalisme bercerita atau bertutur kata, yang tidak semata-mata mengikuti isu arus media arus utama seperti perahu naga, melainkan lebih menjadi sebuah kano untuk arung jeram yang melawan arus.

Itu sebabnya PepNews! terbiasa mengolah dan mengembangkan isu yang terserak di media massa arus utama dan media sosial yang menampung pendapat publik yang lebih masif. PepNews! memperlakukan informasi yang terserak dan berceceran di berbagai jenis media itu sebagai “big data” yang kemudian dialoh menggunakan “algoritma intuitif” dan instink jurnalis.

Tampilan media yang digunakan PepNews! adalah magazine dengan unsur utama selain menyampaikan informasi, juga menghibur, mencerahkan, dan memberi inspirasi. PepNews! memiliki 8 rubrik tetap, yakni FAKTA, GAYA, SKETSA, WACANA, ROMANSA, AKSARA, NYUNDA dan WARGA.

FAKTA dimaksudkan sebagai berita (news) berbagai peristiwa di mana penyajiannya menghindari “Hardnews” atau “Straight News” yang kering. GAYA adalah hobi, gaya hidup, termasuk di dalamnya catatan perjalanan dan catatan jurnalistik ke berbagai tempat. SKETSA adalah “Feature News” atau tulisan tentang sosok orang dan kehidupan manusia. WACANA adalah opini mengenai berbagai fenomena. Itulah empat rubrik yang menjadi “ruh” PepNews!

Baca Juga:  Kubu Cikeas "Menjual" Ulama NU di Pemilihan Gubernur DKI?

Karena pendekatannya Storytelling, maka unsur hiburan menjadi cukup dominan. Rubrik AKSARA, misalnya, adalah tutorial dan bimbingan menulis sebagai ekstensa dari Fanspage “Nulis bareng Pepih” di Facebook, juga berisi resensi buku. ROMANSA adalah kisah atau cerita fiktif dalam bentuk cerpen, serial, novelet, dan bahkan novel. NYUNDA adalah rubrik bahasa Sunda baik untuk fiksi, nonfiksi, opini, maupun catatan-catatan ringan.WARGA adalah tulisan Sobat PepNews! dengan moderasi ketat sebelum ditayangkan dengan menggunakan nama dan identitas jelas.

Anda juga bisa menjadi Sobat PepNews! dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Salam….

PepNews!