About

PepNews! adalah web berisi ulasan berita peristiwa, kupasan data fakta, opini, sketsa kehidupan, cerita, serta tutorial menulis dan literasi, dengan sudut pandang personal. PepNews! tidak mencari, mengejar, dan meliput berita, melainkan memaknakan peristiwa, menafsirkan fakta yang termuat di media massa maupun media sosial, mengikuti apa yang sedang ramai dipercakapkan orang, memberi informasi yang tidak terlalu penting tetapi menarik untuk diketahui, dan menghibur lewat cerita. PepNews! adalah “Alternative Journalism” dengan informasi yang disampaikan secara ringan, jenaka, dan menghibur menggunakan gaya bertutur.

PepNews! mengusung tagline “Ga penting tapi perlu” yang menunjukkan bahwa apa yang tersaji lebih menekankan sisi “menarik” dari sebuah nilai berita alih-alih sisi “penting” yang tentu sudah menjadi santapan media arus utama dengan sepasukan wartawan lapangan dan editor di kantor. Meski terdapat “jokes” di sana-sini, tetapi tulisan yang tersaji bukan “hoax” alias berita bohong. “Canda, tetapi bukan dusta”, demikian kalimat yang tepat untuk menggambarkannya.

PepNews! lahir lebih cepat, tetapi bukan prematur, akibat dari tantangan besar dunia jurnalistik, yakni adanya mesin algoritma pengolah “big data” yang mampu membuat berita sendiri tanpa harus melalui tangan jurnalis atau penulis. “Robot literasi” hasil algoritma komputer inilah yang menjadi tantangan PepNews! bukan menempatkannya sebagai ancaman. Caranya dengan menyajikan ulasan berita hasil putusan serta pemikiran intuitif dan instinktif jurnalis yang tidak dimiliki mesin algoritma “big data”. Toh komputer catur yang bisa menghitung jutaan langkah perdetik masih bisa dikalahkan oleh pecatur manusia karena ia punya intuisi dan instink “membunuh” khas manusia, apalagi dalam urusan fakta dan berita.

PepNews! mengambil gaya penyampaian karikaturis dalam beberapa tulisan, khususnya dalam rubrik FAKTA, GAYA, SKETSA, dan WACANA, tetapi tidak melupakan pesan inti yang disampaikan. Menghindari ungkapan sarkastis, satiris, apalagi bombastis, PepNews! yang penampilannya mendekati bentuk majalah (magazine) tetap berpijak pada data dan fakta peristiwa. Penyampaian tidak harus dilakukan secara kaku melainkan lebih dengan gaya bertutur. Bahkan dalam penyampaiannya tidak mengharamkan “saya” atau “aku” sebagai orang pertama yang bertutur-kata.

PepNews! adalah “algoritma intuitif” itu sendiri yang tidak dimiliki mesin algoritma komputer dengan “big data” yang dimilikinya. Karena bersifat “human opinion” dan bukan “computer judgment”, maka terbuka ruang bagi dialektika publik sebagai ciri khas manusia berbudaya literer tentang berbagai persoalan yang mengemuka. Setiap komen dan tanggapan pembaca adalah kekayaan bagi konten PepNews! berikutnya.

Dengan demikian, sinergi konten PepNews! dengan pembacanya dan sinergi pendapat di antara publik menciptakan konten baru yang benar-benar khas dan orisinal.

Pepnews.id Tim:

Founder/Owner  Pepih Nugraha
Web Developer   Planet Kreatif

***