Ads - After Header

Cara Mengatasi Layar Hitam pada Game Android: Panduan Lengkap

Admin Pepnews

cara mengatasi game android yang black screen

Identifikasi Penyebab Layar Hitam

mengatasi muncul

Layar hitam pada game Android dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penting untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari untuk menemukan solusi yang efektif.

Bug dalam Game

Bug dalam kode game dapat menyebabkan layar hitam. Bug ini dapat muncul karena kesalahan pemrograman, ketidakcocokan perangkat keras, atau masalah kompatibilitas.

Masalah Kompatibilitas Perangkat

Game Android mungkin tidak kompatibel dengan perangkat tertentu karena persyaratan sistem yang tidak terpenuhi. Faktor yang berkontribusi termasuk versi sistem operasi, spesifikasi perangkat keras, dan driver.

Masalah Memori atau Penyimpanan

Memori atau penyimpanan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan layar hitam. Game Android memerlukan ruang memori dan penyimpanan yang memadai untuk memuat dan menjalankan dengan benar.

Pengaturan Grafis yang Salah

Pengaturan grafis yang salah dapat menyebabkan layar hitam. Pengaturan grafis yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kompatibilitas atau kinerja yang buruk.

Solusi Umum untuk Layar Hitam

cara mengatasi game android yang black screen

Jika game Android Anda mengalami layar hitam, ada beberapa solusi umum yang dapat Anda coba untuk mengatasinya:

Restart Game

Menutup dan membuka kembali game dapat menyelesaikan masalah layar hitam sementara. Tutup paksa game dari daftar aplikasi terbaru atau pengelola tugas, lalu buka kembali.

Perbarui Game dan Perangkat

Pembaruan game dan perangkat dapat memperbaiki bug yang menyebabkan layar hitam. Periksa Google Play Store untuk pembaruan game dan pengaturan perangkat untuk pembaruan sistem.

Kosongkan Cache dan Data Game

Menumpuk cache dan data game dapat menyebabkan masalah. Kosongkan cache dan data game dari pengaturan aplikasi di perangkat Anda.

Instal Ulang Game

Jika solusi lain tidak berhasil, Anda dapat mencoba menginstal ulang game. Copot pemasangan game, lalu instal ulang dari Google Play Store.

Pemecahan Masalah Khusus Perangkat

Selain solusi umum, terdapat beberapa masalah layar hitam yang spesifik untuk perangkat tertentu. Berikut beberapa solusi yang dapat dicoba:

Untuk Perangkat Samsung

  • Periksa pengaturan Penghemat Daya (Power Saving) dan pastikan mode penghemat daya tidak diaktifkan saat bermain game.

Untuk Perangkat Xiaomi

  • Nonaktifkan fitur Game Turbo karena dapat mengganggu kinerja game dan menyebabkan layar hitam.

Untuk Perangkat Google Pixel

  • Atur ulang preferensi aplikasi untuk mengembalikan pengaturan default dan mengatasi potensi masalah dengan aplikasi tertentu.

Pengaturan Grafis

Pengaturan grafis yang salah dapat memicu masalah layar hitam pada game Android. Berikut adalah panduan untuk mengoptimalkan pengaturan grafis demi mengatasi masalah ini:

Kualitas Grafis

Pengaturan kualitas grafis yang terlalu tinggi dapat membebani perangkat dan menyebabkan layar hitam. Kurangi kualitas grafis ke pengaturan sedang atau rendah untuk meningkatkan performa.

Resolusi Layar

Resolusi layar yang tinggi dapat membebani GPU dan memicu layar hitam. Coba turunkan resolusi layar ke pengaturan yang lebih rendah untuk mengurangi beban pada perangkat.

Frame Rate

Frame rate yang tinggi dapat membebani perangkat dan menyebabkan layar hitam. Batasi frame rate ke pengaturan yang lebih rendah, seperti 30 atau 60 FPS, untuk meningkatkan stabilitas.

Masalah Memori dan Penyimpanan

Masalah memori dan penyimpanan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan layar hitam pada game Android. Ketika perangkat kehabisan memori atau penyimpanan, game mungkin tidak dapat berjalan dengan benar dan menampilkan layar hitam.

Bersihkan Memori dan Ruang Penyimpanan

Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan memori dan ruang penyimpanan perangkat. Tutup aplikasi yang tidak digunakan, hapus file yang tidak diperlukan, dan pindahkan game ke kartu SD (jika memungkinkan).

Pindahkan Game ke Kartu SD

Jika perangkat memiliki kartu SD, pindahkan game ke sana. Hal ini dapat membebaskan ruang penyimpanan internal dan meningkatkan kinerja game.

Tabel Penyebab dan Solusi Layar Hitam

Layar hitam pada game Android dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut tabel yang merangkum penyebab umum dan solusi yang sesuai:

Penyebab Solusi
Spesifikasi perangkat tidak mencukupi Perbarui perangkat ke versi terbaru atau pertimbangkan untuk membeli perangkat baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
Game belum diperbarui Perbarui game ke versi terbaru melalui Google Play Store.
Cache game rusak Hapus cache game dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Game yang bermasalah > Penyimpanan > Hapus Cache.
Aplikasi pihak ketiga mengganggu Nonaktifkan atau hapus instalan aplikasi pihak ketiga yang dicurigai mengganggu game.
Masalah jaringan Periksa koneksi internet dan pastikan stabil.
Bug dalam game Laporkan bug kepada pengembang game atau tunggu pembaruan yang memperbaiki masalah tersebut.

Blok Kutipan

cara mengatasi game android yang black screen

Komunitas pengguna Android telah berbagi banyak tips dan saran tentang cara mengatasi layar hitam pada game Android. Berikut beberapa saran yang paling umum:

Restart perangkat Android Anda. Ini sering kali dapat memperbaiki masalah layar hitam pada game.

Paksa berhenti game yang mengalami masalah. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi > [Nama game] > Paksa berhenti.

Hapus cache game. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi > [Nama game] > Penyimpanan > Hapus cache.

Instal ulang game. Jika tips di atas tidak berhasil, Anda mungkin perlu menginstal ulang game.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer