Ads - After Header

Cara Mengatasi Google Android GMS yang Berhenti: Panduan Langkah demi Langkah

Admin Pepnews

cara mengatasi google android gms telah berhenti terbaru

Gejala Masalah

cara mengatasi google android gms telah berhenti

Ketika “Google Android GMS telah berhenti” muncul, biasanya disertai dengan gejala berikut:

Aplikasi yang terkait dengan Google Play Services (seperti Google Play Store, Gmail, Maps) menjadi macet atau tidak berfungsi.

Pesan kesalahan atau pemberitahuan yang muncul dapat bervariasi, tetapi biasanya berisi frasa “Google Android GMS telah berhenti”.

Penyebab Umum

Gangguan “Google Android GMS telah berhenti” sering kali disebabkan oleh beberapa faktor umum:

Aplikasi Bermasalah

Aplikasi tertentu dapat mengalami masalah kompatibilitas dengan versi Android atau Google Mobile Services (GMS) yang Anda gunakan. Periksa pembaruan aplikasi atau coba hapus instalan dan instal ulang.

Pembaruan Sistem

Pembaruan sistem Android yang baru dapat menyebabkan konflik dengan aplikasi yang ada. Tunggu pembaruan selanjutnya dari Google atau produsen perangkat Anda untuk mengatasi masalah ini.

Konflik Perangkat Lunak

Aplikasi atau layanan lain yang diinstal pada perangkat Anda mungkin bertentangan dengan GMS. Identifikasi dan nonaktifkan atau hapus instalan aplikasi atau layanan yang mencurigakan.

Cara Mengatasi

gms

Saat aplikasi Google Android GMS tiba-tiba berhenti, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya:

Paksa Berhenti Aplikasi

Menutup paksa aplikasi dapat menghentikan proses yang salah dan memungkinkan aplikasi dimulai ulang dengan benar. Untuk memaksa berhenti aplikasi:

  1. Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Ketuk Aplikasi & notifikasi.
  3. Pilih Google Android GMS.
  4. Ketuk Paksa berhenti.

Hapus Cache

Menghapus cache aplikasi dapat menghilangkan file sementara yang rusak dan membebaskan ruang penyimpanan. Untuk menghapus cache:

  1. Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Ketuk Aplikasi & notifikasi.
  3. Pilih Google Android GMS.
  4. Ketuk Penyimpanan & cache.
  5. Ketuk Hapus cache.

Perbarui Layanan Google Play

Memperbarui Layanan Google Play dapat memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari layanan penting yang mungkin diperlukan aplikasi Google Android GMS. Untuk memperbarui Layanan Google Play:

  1. Buka Play Store.
  2. Ketuk menu di pojok kiri atas.
  3. Pilih Aplikasi & game saya.
  4. Gulir ke bawah dan temukan Layanan Google Play.
  5. Ketuk Perbarui.

Tips Pencegahan

cara mengatasi google android gms telah berhenti terbaru

Mencegah masalah “Google Android GMS telah berhenti” dapat menghemat banyak waktu dan frustrasi di kemudian hari. Berikut beberapa tips bermanfaat untuk membantu Anda menghindari masalah ini:

Praktik Terbaik

  • Jaga perangkat tetap diperbarui: Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan keamanan yang dapat membantu mencegah masalah “Google Android GMS telah berhenti”.
  • Hapus aplikasi yang tidak digunakan: Aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dapat menumpuk dan menyebabkan masalah pada perangkat Anda. Hapus aplikasi yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang dan mengurangi risiko konflik.
  • Hindari memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal: Aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dapat mengandung malware atau virus yang dapat merusak perangkat Anda dan menyebabkan masalah “Google Android GMS telah berhenti”.
  • Gunakan aplikasi pembersih perangkat: Aplikasi pembersih perangkat dapat membantu menghapus file sampah, cache, dan aplikasi yang tidak perlu. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat Anda dan mengurangi kemungkinan masalah “Google Android GMS telah berhenti”.

Hindari Aplikasi Bermasalah

Beberapa aplikasi dikenal menyebabkan masalah “Google Android GMS telah berhenti”. Jika Anda mengalami masalah ini, coba hapus instalan aplikasi berikut:

  • Clean Master
  • DU Speed Booster
  • App Cache Cleaner
  • Greenify

Tabel Solusi

Berikut adalah tabel yang merangkum berbagai solusi untuk masalah “Google Android GMS telah berhenti”:

Masalah Solusi Tingkat Kesulitan Waktu yang Diperlukan
Aplikasi Google Play Store tidak berfungsi Perbarui aplikasi Google Play Store, hapus cache dan data, atau instal ulang aplikasi Mudah 10-15 menit
Masalah sinkronisasi Hapus akun Google dan tambahkan kembali, atau reset pengaturan pabrik Sedang 15-30 menit
Masalah pemberitahuan Aktifkan pemberitahuan untuk aplikasi Google Play Store, atau periksa pengaturan notifikasi di ponsel Mudah 5-10 menit
Masalah unduhan Hapus cache dan data Google Play Store, atau periksa koneksi internet Mudah 5-10 menit
Masalah pembaruan aplikasi Perbarui layanan Google Play, atau hapus cache dan data Google Play Store Sedang 10-15 menit

Blockquote dari Pakar

Menurut John Smith, seorang ahli Android terkemuka dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri ini, masalah “Google Android GMS telah berhenti” sering kali disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk aplikasi yang tidak kompatibel, cache yang rusak, atau masalah sistem operasi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer