Ads - After Header

Cara Mengatasi HP Android yang Muncul Iklan Terus-menerus

Admin Pepnews

cara mengatasi hp android muncul iklan terus

Penyebab Munculnya Iklan yang Berlebihan

cara mengatasi hp android muncul iklan terus terbaru

Iklan yang muncul terus-menerus pada perangkat Android dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab utamanya:

Malware

Perangkat Android yang terinfeksi malware dapat memicu munculnya iklan secara berlebihan. Malware ini dapat menginstal aplikasi yang tidak diinginkan, mengubah pengaturan sistem, atau menayangkan iklan langsung ke perangkat.

Aplikasi yang Tidak Dioptimalkan

Aplikasi tertentu yang tidak dioptimalkan dengan baik dapat menampilkan iklan secara agresif. Aplikasi ini mungkin menampilkan iklan pop-up, iklan spanduk, atau bahkan iklan yang menyamar sebagai konten asli.

Pengaturan Sistem yang Tidak Tepat

Pengaturan sistem yang tidak tepat, seperti mengaktifkan opsi “tampilkan iklan yang dipersonalisasi”, dapat menyebabkan peningkatan jumlah iklan yang ditampilkan pada perangkat Android.

Cara Mengidentifikasi Malware dan Aplikasi Berbahaya

cara mengatasi hp android muncul iklan terus

Malware dan aplikasi berbahaya dapat menjadi penyebab munculnya iklan berlebihan di perangkat Android. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengidentifikasi dan menghapus sumbernya.

Langkah Mengidentifikasi Malware

  • Periksa Aplikasi yang Baru Diinstal: Tinjau aplikasi yang baru saja dipasang, terutama yang berasal dari sumber yang tidak dikenal.
  • Cari Izin yang Tidak Biasa: Perhatikan aplikasi yang meminta izin yang tidak diperlukan untuk fungsinya, seperti akses ke pesan atau kontak.
  • Monitor Penggunaan Data: Pantau penggunaan data perangkat Anda. Peningkatan penggunaan yang tiba-tiba dapat mengindikasikan aktivitas malware.
  • Cari Aktivitas yang Tidak Biasa: Perhatikan perilaku tidak biasa pada perangkat, seperti iklan pop-up yang muncul secara acak atau pesan teks yang tidak diminta.
  • Gunakan Pemindai Malware: Gunakan aplikasi pemindai malware yang bereputasi baik untuk memindai perangkat dan mengidentifikasi potensi ancaman.

Langkah Menghapus Malware

  • Copot Aplikasi yang Mencurigakan: Hapus aplikasi apa pun yang diidentifikasi sebagai berbahaya atau mencurigakan.
  • Lakukan Reset Pabrik: Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi sumber malware, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Anda.
  • Gunakan Alat Penghapus Malware: Gunakan alat penghapus malware khusus untuk menghapus malware yang membandel.

Mengoptimalkan Pengaturan Sistem

Untuk meminimalisir kemunculan iklan pada perangkat Android, Anda dapat mengoptimalkan pengaturan sistem. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

Mengaktifkan Pemblokir Iklan

Sistem operasi Android menyediakan opsi untuk mengaktifkan pemblokir iklan. Fitur ini akan memblokir iklan yang ditampilkan di aplikasi dan browser.

Membatasi Izin Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin menampilkan iklan karena memiliki izin untuk mengakses data tertentu, seperti lokasi atau riwayat penelusuran. Dengan membatasi izin aplikasi, Anda dapat mengurangi kemungkinan aplikasi tersebut menampilkan iklan yang tidak diinginkan.

Memeriksa dan Mengelola Aplikasi yang Diinstal

Untuk mengatasi iklan yang terus bermunculan di perangkat Android Anda, penting untuk memeriksa dan mengelola aplikasi yang terinstal. Beberapa aplikasi mungkin menampilkan iklan secara berlebihan atau berisi malware yang menyebabkan gangguan ini.

Menonaktifkan Aplikasi yang Menampilkan Iklan

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Anda.
  2. Ketuk “Aplikasi & notifikasi” atau “Aplikasi”.
  3. Temukan aplikasi yang menampilkan iklan berlebihan.
  4. Ketuk aplikasi dan pilih “Nonaktifkan”.

Menghapus Aplikasi yang Berisi Malware

  • Buka Google Play Store.
  • Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas.
  • Pilih “Kelola aplikasi & perangkat”.
  • Ketuk tab “Terinstal”.
  • Temukan aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal.
  • Ketuk aplikasi dan pilih “Copot pemasangan”.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Iklan yang terus bermunculan pada ponsel Android dapat mengganggu kenyamanan dan menguras data. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu solusi efektif adalah menggunakan aplikasi pemblokir iklan.

Aplikasi pemblokir iklan bekerja dengan menyaring dan memblokir konten iklan yang masuk ke perangkat. Berikut beberapa aplikasi pemblokir iklan populer:

Adblock Plus

  • Aplikasi populer dengan lebih dari 100 juta pengguna.
  • Memblokir berbagai jenis iklan, termasuk iklan pop-up, video, dan banner.
  • Menawarkan fitur kustomisasi untuk memilih jenis iklan yang ingin diblokir.

AdAway

  • Aplikasi open source yang efektif memblokir iklan di tingkat sistem.
  • Membutuhkan akses root pada perangkat.
  • Memblokir iklan tanpa menampilkan notifikasi atau peringatan apa pun.

Ghostery

  • Selain memblokir iklan, juga melindungi privasi pengguna dengan memblokir pelacak.
  • Menyediakan informasi tentang pelacak yang diblokir dan memungkinkan pengguna untuk memilih mana yang ingin diizinkan.
  • Tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Blokada

  • Aplikasi pemblokir iklan yang ringan dan efisien.
  • Memblokir iklan pada tingkat DNS, mencegah iklan dimuat sejak awal.
  • Tidak memerlukan akses root atau konfigurasi khusus.

Saat memilih aplikasi pemblokir iklan, pertimbangkan faktor-faktor seperti efektivitas pemblokiran, reputasi aplikasi, dan fitur tambahan yang ditawarkan. Sebagian besar aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store, tetapi beberapa mungkin menawarkan fitur premium untuk fungsionalitas yang lebih luas.

Menggunakan Fitur “Do Not Track”

Fitur “Do Not Track” di Android memungkinkan Anda meminta situs web untuk tidak melacak aktivitas online Anda. Saat diaktifkan, fitur ini akan mengirim sinyal ke situs web yang Anda kunjungi, memberi tahu mereka bahwa Anda tidak ingin mereka mengumpulkan data tentang aktivitas browsing Anda.

Mengaktifkan Fitur “Do Not Track”

Untuk mengaktifkan fitur “Do Not Track” di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Chrome.
2. Ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas.
3. Pilih “Pengaturan”.
4. Gulir ke bawah dan ketuk “Privasi dan keamanan”.
5. Aktifkan sakelar “Do Not Track”.

Manfaat Fitur “Do Not Track”

Mengaktifkan fitur “Do Not Track” dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang dipersonalisasi yang Anda lihat. Situs web tidak akan dapat mengumpulkan data tentang kebiasaan browsing Anda, sehingga mereka tidak dapat menargetkan Anda dengan iklan yang relevan.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur “Do Not Track” tidak sepenuhnya efektif. Beberapa situs web mungkin masih dapat melacak aktivitas Anda menggunakan metode lain, seperti cookie pihak ketiga. Selain itu, beberapa situs web mungkin mengabaikan permintaan “Do Not Track” sama sekali.

Melakukan Factory Reset

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan factory reset sebagai upaya terakhir untuk menghilangkan iklan yang terus muncul. Factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan dari perangkat Anda, termasuk iklan yang tidak diinginkan.

Namun, sebelum melakukan factory reset, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Cadangkan semua data penting Anda, seperti kontak, foto, dan pesan, sebelum melakukan factory reset.
  • Factory reset akan menghapus semua aplikasi yang diinstal, termasuk aplikasi yang sah. Pastikan Anda memiliki salinan cadangan atau mengetahui cara menginstal ulang aplikasi yang diperlukan.

Langkah-langkah Melakukan Factory Reset

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk “Cadangkan & Setel Ulang”.
  3. Ketuk “Reset Data Pabrik”.
  4. Baca peringatan dengan cermat dan ketuk “Reset Telepon”.
  5. Masukkan PIN, kata sandi, atau pola kunci Anda untuk mengonfirmasi.
  6. Perangkat Anda akan mulai melakukan reset.

Setelah factory reset selesai, perangkat Anda akan di-boot ulang dan Anda akan diminta untuk mengatur perangkat Anda seperti baru. Pastikan untuk tidak memulihkan cadangan yang berisi aplikasi yang mungkin menyebabkan iklan.

Tips Tambahan

cara mengatasi hp android muncul iklan terus

Selain langkah-langkah yang telah dibahas, berikut beberapa tips tambahan untuk mencegah iklan muncul terus-menerus pada perangkat Android Anda:

Hindari Situs Web Mencurigakan

Hindari mengunjungi situs web yang tidak dikenal atau mencurigakan. Situs web ini sering kali berisi iklan jahat yang dapat memicu kemunculan iklan yang tidak diinginkan.

Gunakan VPN

Menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) dapat membantu memblokir iklan yang dilacak berdasarkan lokasi Anda. VPN mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan mengarahkannya melalui server di lokasi yang berbeda, sehingga pengiklan tidak dapat melacak aktivitas Anda dan menayangkan iklan yang ditargetkan.

Perbarui Perangkat Android Secara Teratur

Pembaruan perangkat lunak Android sering kali menyertakan perbaikan keamanan yang dapat mengatasi kerentanan yang dieksploitasi oleh aplikasi periklanan jahat. Selalu perbarui perangkat Anda ke versi terbaru untuk meningkatkan keamanannya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer