Ads - After Header

Cara Mengatasi Sertifikat Keamanan Situs Tidak Terpercaya di Android: Panduan Lengkap

Admin Pepnews

cara mengatasi sertifikat keamanan situs tidak terpercaya pada android terbaru

Penyebab Sertifikat Keamanan Situs Tidak Terpercaya pada Android

cara mengatasi sertifikat keamanan situs tidak terpercaya pada android

Ketika mengakses situs web di perangkat Android, Anda mungkin menemui kesalahan sertifikat keamanan yang menunjukkan bahwa situs tersebut tidak dapat dipercaya. Kesalahan ini terjadi karena berbagai alasan, yang dapat mencakup:

Tanggal dan Waktu yang Tidak Akurat

Jika tanggal dan waktu pada perangkat Android Anda tidak akurat, dapat menyebabkan kesalahan sertifikat keamanan. Sertifikat keamanan memiliki masa berlaku, dan jika tanggal dan waktu perangkat Anda tidak sinkron dengan server situs web, browser mungkin menolak sertifikat tersebut.

Sertifikat yang Kedaluwarsa atau Dicabut

Kesalahan sertifikat keamanan juga dapat terjadi jika sertifikat situs web telah kedaluwarsa atau dicabut. Sertifikat kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu, dan jika belum diperbarui, browser akan menolaknya. Demikian pula, jika sertifikat telah dicabut oleh otoritas sertifikat (CA), browser juga akan menolaknya.

CA Tidak Dipercaya

Otoritas sertifikat (CA) adalah organisasi yang menerbitkan dan memverifikasi sertifikat keamanan. Jika CA yang menerbitkan sertifikat situs web tidak dipercaya oleh browser Anda, browser mungkin menolak sertifikat tersebut. Pengaturan sistem dan browser dapat memengaruhi kepercayaan pada CA.

Mencegah Kesalahan Sertifikat Keamanan di Masa Depan

cara mengatasi sertifikat keamanan situs tidak terpercaya pada android terbaru

Mencegah kesalahan sertifikat keamanan di masa depan sangat penting untuk melindungi perangkat dan data Anda. Dengan mengikuti praktik terbaik berikut, Anda dapat meminimalkan risiko menghadapi masalah ini:

Jaga Perangkat Tetap Mutakhir

Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan perbaikan untuk masalah keamanan, termasuk masalah sertifikat. Pastikan untuk menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru sesegera mungkin.

Hindari Situs Web yang Tidak Aman

Hindari mengunjungi situs web yang tidak aman, terutama situs web yang meminta informasi pribadi atau keuangan. Carilah situs web yang menggunakan protokol HTTPS dan memiliki sertifikat keamanan yang valid.

Kenali Sertifikat yang Mencurigakan

Perhatikan sertifikat keamanan situs web dengan hati-hati. Jika Anda melihat peringatan atau kesalahan terkait sertifikat, jangan lanjutkan ke situs web tersebut. Hubungi administrator situs web untuk melaporkan masalah tersebut.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer