Ads - After Header

Cara Mengatasi SSL Error pada Android: Panduan Langkah demi Langkah

Admin Pepnews

err protocol mengatasi panduan

Jenis Kesalahan SSL pada Android

Kesalahan SSL (Secure Socket Layer) pada perangkat Android dapat terjadi karena berbagai alasan. Jenis kesalahan yang paling umum meliputi:

Sertifikat SSL Kedaluwarsa

Kesalahan ini terjadi ketika sertifikat SSL yang digunakan untuk mengamankan koneksi telah kedaluwarsa. Pesan kesalahan yang mungkin muncul: “NET::ERR_CERT_DATE_INVALID”.

Sertifikat SSL Tidak Valid

Kesalahan ini terjadi ketika sertifikat SSL tidak valid atau dikeluarkan oleh otoritas sertifikasi (CA) yang tidak tepercaya. Pesan kesalahan yang mungkin muncul: “NET::ERR_CERT_INVALID”.

Nama Host Tidak Cocok

Kesalahan ini terjadi ketika nama host di sertifikat SSL tidak cocok dengan nama host situs web yang Anda coba akses. Pesan kesalahan yang mungkin muncul: “NET::ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID”.

Kesalahan Koneksi Aman

Kesalahan ini terjadi ketika perangkat Android Anda tidak dapat membuat koneksi aman ke situs web. Pesan kesalahan yang mungkin muncul: “ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR”.

Penyebab Kesalahan SSL

handshake failed cloudflare mengatasi error

Kesalahan SSL pada perangkat Android dapat terjadi karena berbagai alasan. Memahami penyebabnya sangat penting untuk menemukan solusi yang tepat.

Masalah Koneksi

Masalah koneksi, seperti koneksi internet yang tidak stabil atau lambat, dapat menyebabkan kesalahan SSL. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan yang stabil dan berfungsi dengan baik.

Masalah Sertifikat

Kesalahan SSL juga dapat disebabkan oleh masalah dengan sertifikat SSL. Sertifikat yang kedaluwarsa, tidak dipercaya, atau tidak valid dapat memicu kesalahan ini. Periksa apakah sertifikat situs web masih valid dan dipercaya oleh browser Anda.

Pengaturan Perangkat

Pengaturan perangkat yang salah, seperti tanggal dan waktu yang tidak akurat, juga dapat menyebabkan kesalahan SSL. Pastikan tanggal dan waktu perangkat Anda sudah benar dan sinkron dengan zona waktu Anda.

Cara Mengatasi Kesalahan SSL

Kesalahan SSL (Secure Sockets Layer) pada perangkat Android dapat terjadi karena berbagai alasan. Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kesalahan ini dan mengakses situs web atau aplikasi yang aman dengan aman.

Memeriksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Kesalahan SSL sering terjadi ketika pengaturan tanggal dan waktu pada perangkat Android Anda tidak benar. Pastikan perangkat Anda memiliki tanggal dan waktu yang benar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan > Sistem > Tanggal & Waktu.
  • Aktifkan opsi “Gunakan Tanggal & Waktu yang Disediakan Jaringan” atau “Gunakan Zona Waktu yang Disediakan Jaringan”.

Menghapus Cache Browser

Cache browser yang usang dapat menyebabkan kesalahan SSL. Hapus cache browser Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi browser (misalnya, Chrome, Firefox).
  • Ketuk ikon menu (tiga titik vertikal) > Riwayat > Hapus Data Penjelajahan.
  • Pilih “Cache” dan periode waktu yang ingin dihapus (misalnya, “Semua Waktu”).
  • Ketuk “Hapus Data”.

Memperbarui Aplikasi atau Sistem Operasi

Aplikasi atau sistem operasi yang kedaluwarsa dapat menyebabkan kesalahan SSL. Perbarui aplikasi dan sistem operasi Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Play Store.
  • Ketuk ikon menu (tiga garis horizontal) > Aplikasi & Game Saya.
  • Ketuk tombol “Perbarui” untuk aplikasi yang memiliki pembaruan yang tersedia.

Untuk memperbarui sistem operasi:

  • Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.
  • Ketuk tombol “Periksa Pembaruan”.
  • Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduhnya dan menginstalnya.

Tips Pencegahan

cara mengatasi ssl error pada android terbaru

Mencegah kesalahan SSL di masa mendatang sangat penting untuk memastikan pengalaman menjelajah yang aman dan lancar. Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk menjaga keamanan perangkat Anda dan menghindari masalah SSL:

Pembaruan Perangkat Lunak

Selalu perbarui perangkat Anda ke versi terbaru dari sistem operasinya. Pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan keamanan yang dapat membantu melindungi perangkat Anda dari kerentanan SSL.

Kelola Sertifikat SSL

Pantau sertifikat SSL situs web yang Anda kunjungi. Jika sertifikat kedaluwarsa atau tidak tepercaya, hindari memberikan informasi sensitif atau melakukan transaksi di situs tersebut.

Gunakan Browser yang Aman

Pilih browser yang memiliki reputasi baik dan dikenal karena fitur keamanannya yang kuat. Browser ini dapat membantu mendeteksi dan memblokir kesalahan SSL yang mencurigakan.

Hindari Jaringan Wi-Fi Publik

Berhati-hatilah saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Jaringan ini dapat menjadi pintu gerbang bagi penyerang untuk mencegat lalu lintas Anda dan memicu kesalahan SSL palsu.

Periksa Tanggal dan Waktu Perangkat

Kesalahan SSL juga dapat terjadi jika tanggal dan waktu perangkat Anda tidak sinkron. Pastikan perangkat Anda disetel ke zona waktu yang benar dan tanggalnya akurat.

Tabel

Berikut adalah tabel yang mencantumkan kode kesalahan SSL umum, deskripsinya, dan tindakan yang disarankan:

Kode Kesalahan Deskripsi Tindakan yang Disarankan
ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR Protokol SSL yang digunakan tidak didukung oleh browser atau server. Perbarui browser atau hubungi penyedia layanan web.
ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH Versi SSL atau cipher yang digunakan tidak didukung oleh browser atau server. Perbarui browser atau hubungi penyedia layanan web.
ERR_SSL_WEAK_EPHEMERAL_DH_KEY Kunci DH ephemeral yang digunakan terlalu lemah. Perbarui browser atau hubungi penyedia layanan web.
ERR_SSL_CLIENT_AUTH_CERT_NEEDED Sertifikat klien diperlukan untuk mengakses server. Pasang sertifikat klien yang valid.
ERR_SSL_CERT_AUTHORITY_INVALID Otoritas sertifikat yang mengeluarkan sertifikat tidak dipercaya. Impor sertifikat otoritas sertifikat ke browser.

Contoh: Mengatasi Kesalahan “NET::ERR_CERT_DATE_INVALID”

err protocol mengatasi panduan

Kesalahan “NET::ERR_CERT_DATE_INVALID” terjadi ketika tanggal dan waktu sistem Anda tidak sinkron dengan server. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut:

Memperbarui Tanggal dan Waktu Sistem

  • Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  • Ketuk “Tanggal dan Waktu”.
  • Aktifkan “Tanggal dan Waktu Otomatis”.
  • Jika opsi “Tanggal dan Waktu Otomatis” tidak tersedia, ketuk “Atur Tanggal dan Waktu” dan masukkan tanggal dan waktu yang benar secara manual.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer