Ads - After Header

Cara Mengatasi Tombol Back Xiaomi Tidak Berfungsi: Panduan Lengkap

Admin Pepnews

xiaomi berfungsi mengatasi tombol tipandroid beli biaya keadaan mengeluarkan harus

Gejala dan Penyebab Tombol Back Tidak Berfungsi

cara mengatasi tombol back xiaomi tidak berfungsi terbaru

Tombol back pada perangkat Xiaomi berfungsi untuk kembali ke halaman atau menu sebelumnya. Jika tombol ini tidak berfungsi, pengguna akan mengalami kesulitan menavigasi antar aplikasi atau menu.

Penyebab tombol back tidak berfungsi pada Xiaomi bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan fisik hingga masalah perangkat lunak.

Kerusakan Fisik

  • Tombol back dapat rusak karena terjatuh atau terbentur.
  • Kerusakan fisik dapat menyebabkan tombol menjadi longgar, macet, atau tidak responsif.

Masalah Perangkat Lunak

  • Masalah perangkat lunak, seperti bug atau gangguan, dapat menyebabkan tombol back tidak berfungsi.
  • Pembaruan perangkat lunak yang gagal atau tidak lengkap juga dapat menyebabkan masalah ini.

Solusi Perangkat Lunak

tombol berfungsi navigasi mengatasi tipandroid

Jika masalah tombol kembali Xiaomi disebabkan oleh perangkat lunak, ada beberapa solusi yang dapat dicoba.

Salah satu solusi yang dapat dicoba adalah mengatur ulang tombol kembali. Untuk melakukannya, buka “Pengaturan” > “Pengaturan Tambahan” > “Tombol dan Gerakan Pintar” > “Atur Ulang Tombol Kembali”.

Perbarui Perangkat Lunak

Memperbarui perangkat lunak juga dapat membantu mengatasi masalah tombol kembali yang tidak berfungsi. Pembaruan perangkat lunak biasanya menyertakan perbaikan bug dan peningkatan yang dapat menyelesaikan masalah ini.

Solusi Perangkat Keras

Jika solusi perangkat lunak tidak berhasil, kemungkinan ada masalah perangkat keras pada tombol back. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini:

Identifikasi Lokasi dan Cara Membuka Tombol Back

Identifikasi lokasi tombol back pada perangkat Xiaomi Anda. Biasanya terletak di bagian bawah layar. Gunakan obeng kecil atau spudger untuk membuka penutup belakang dengan hati-hati.

Pembersihan atau Penggantian Tombol

Setelah penutup belakang terbuka, cari tombol back. Bersihkan tombol menggunakan sikat lembut atau alkohol isopropil. Jika tombol rusak atau tidak responsif, Anda mungkin perlu menggantinya dengan tombol baru.

Solusi Alternatif

Ketika tombol kembali tidak berfungsi, ada beberapa solusi alternatif yang dapat Anda coba untuk menavigasi ponsel Xiaomi Anda dengan mudah.

Solusi ini menawarkan cara yang berbeda untuk kembali ke halaman sebelumnya, menutup aplikasi, atau melakukan tindakan lain yang biasanya dilakukan dengan tombol kembali.

Gerakan

  • Geser dari tepi kiri layar: Aktifkan fitur “Kembali dengan Gesek” di Pengaturan > Tampilan Penuh > Gerakan Layar Penuh.
  • Geser ke bawah dari tengah atas layar: Aktifkan fitur “Geser ke Bawah untuk Kembali” di Pengaturan > Tampilan Penuh > Gerakan Layar Penuh.
  • Ketuk dua kali tombol daya: Aktifkan fitur “Ketuk Dua Kali untuk Kembali” di Pengaturan > Fitur Khusus > Tombol Daya.

Aplikasi Pihak Ketiga

Jika solusi gerakan tidak sesuai, Anda dapat mencoba aplikasi pihak ketiga yang menambahkan tombol kembali virtual ke layar.

  • Virtual Back Button: Aplikasi ini menempatkan tombol kembali virtual di layar, yang dapat diposisikan di mana saja.
  • Back Button – Assistive Touch: Aplikasi ini menyediakan menu mengambang yang berisi tombol kembali, bersama dengan fungsi lain seperti beranda, aplikasi terbaru, dan kontrol volume.

Tips Pencegahan

xiaomi berfungsi mengatasi tombol tipandroid beli biaya keadaan mengeluarkan harus

Untuk menghindari tombol kembali Xiaomi tidak berfungsi di kemudian hari, berikut beberapa tips pencegahan yang dapat diterapkan:

Menjaga kebersihan tombol: Kotoran atau debu dapat menumpuk pada tombol dan mengganggu fungsinya. Bersihkan tombol secara teratur dengan kain lembut yang sedikit lembap.

Perawatan yang Tepat

  • Hindari menekan tombol terlalu keras: Menekan tombol terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada tombol atau komponen internal.
  • Hindari menjatuhkan atau membenturkan ponsel: Benturan atau guncangan yang keras dapat merusak tombol.
  • Gunakan pelindung layar: Pelindung layar dapat membantu melindungi tombol dari goresan atau kerusakan lainnya.

Tindakan Pencegahan Lainnya

  • Hindari penggunaan aplikasi yang tidak sah: Aplikasi yang tidak sah dapat berisi malware yang dapat mengganggu fungsi tombol.
  • Perbarui perangkat lunak ponsel secara teratur: Pembaruan perangkat lunak dapat mencakup perbaikan bug atau peningkatan yang dapat mengatasi masalah dengan tombol.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer