Ads - After Header

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Flashdisk: Panduan Langkah demi Langkah

Admin Pepnews

cara mengembalikan file yang diformat di flashdisk terbaru

Penyebab Umum File Terformat di Flashdisk

cara mengembalikan file yang diformat di flashdisk terbaru

File yang diformat di flashdisk dapat disebabkan oleh beberapa faktor umum. Berikut beberapa penyebabnya:

Virus

Virus adalah salah satu penyebab paling umum file terformat di flashdisk. Virus dapat menginfeksi flashdisk dan merusak file yang tersimpan di dalamnya.

Kesalahan Pengguna

Kesalahan pengguna, seperti tidak sengaja memformat flashdisk atau menghapus file secara tidak sengaja, juga dapat menyebabkan file terformat.

Masalah Perangkat Keras

Masalah perangkat keras, seperti kerusakan flashdisk atau konektor USB yang longgar, dapat menyebabkan file terformat atau tidak dapat diakses.

Cara Memulihkan File yang Diformat

flashdisk mengembalikan mengatasi terbaca work terhapus pros penyebabnya begini bukalapak hilang bukareview disk linux exfat kecepatan kuotabro memilih mahasiswa funziona

Kehilangan file akibat pemformatan pada flashdisk dapat menjadi situasi yang membuat frustrasi. Namun, jangan khawatir, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk memulihkan file yang hilang tersebut.

Metode Pemulihan File

Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk memulihkan file yang diformat. Metode-metode tersebut memiliki tingkat kesulitan, waktu yang dibutuhkan, dan tingkat keberhasilan yang berbeda-beda.

Metode Tingkat Kesulitan Waktu yang Dibutuhkan Tingkat Keberhasilan
Perangkat Lunak Pemulihan Mudah Tergantung pada ukuran file dan perangkat lunak yang digunakan Tinggi
Alat Baris Perintah Sedang Tergantung pada perintah dan keterampilan pengguna Sedang
Metode Manual Sulit Lama Rendah

Langkah-langkah Pemulihan File

cara mengembalikan file yang diformat di flashdisk terbaru

Jika Anda tidak dapat menemukan file Anda yang diformat, jangan panik. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkannya menggunakan perangkat lunak pemulihan file:

Pilih Perangkat Lunak Pemulihan File yang Tepat

Pilih perangkat lunak pemulihan file yang memiliki reputasi baik dan kompatibel dengan sistem operasi Anda. Beberapa opsi populer meliputi Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Disk Drill.

Pasang Perangkat Lunak Pemulihan File

Setelah Anda memilih perangkat lunak pemulihan file, unduh dan instal di komputer Anda. Ikuti petunjuk penginstalan dengan cermat.

Hubungkan Flashdisk

Hubungkan flashdisk yang diformat ke komputer Anda. Pastikan flashdisk terdeteksi dan dapat diakses.

Jalankan Pemindaian

Luncurkan perangkat lunak pemulihan file dan pilih flashdisk Anda sebagai lokasi pemindaian. Pilih jenis pemindaian yang sesuai, seperti “Pemindaian Cepat” atau “Pemindaian Mendalam”.

Tips: Pilih “Pemindaian Mendalam” untuk pemindaian paling menyeluruh, tetapi perlu waktu lebih lama.

Tinjau Hasil Pemindaian

Setelah pemindaian selesai, perangkat lunak pemulihan file akan menampilkan daftar file yang ditemukan. Tinjau hasil pemindaian dengan cermat dan pilih file yang ingin Anda pulihkan.

Pulihkan File

Pilih lokasi untuk menyimpan file yang dipulihkan. Pastikan lokasi tersebut berbeda dari flashdisk yang diformat untuk menghindari menimpa file yang dihapus.

Tips Tambahan

  • Jangan menyimpan file yang dipulihkan ke flashdisk yang sama yang diformat.
  • Jika Anda tidak dapat memulihkan file, coba perangkat lunak pemulihan file yang berbeda atau hubungi profesional pemulihan data.
  • Cadangkan file Anda secara teratur untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang.

Tips Pencegahan

Untuk mencegah file di flashdisk terformat di masa mendatang, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan:

Mencadangkan file secara teratur sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki salinan file jika terjadi kesalahan. Anda dapat mencadangkan file ke hard drive eksternal, layanan cloud, atau perangkat lain.

Gunakan Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus dapat membantu mencegah file diformat dengan mendeteksi dan menghapus virus dan malware yang dapat menyebabkan pemformatan yang tidak disengaja. Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak antivirus secara teratur untuk memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan terbaru.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer